Cara Menggunakan Screwdriver Set (Pengertian, Jenis & Cara Penggunaan)

articlemile.com 0
screwdriver bosch
  1. Pilih Screwdriver Set (obeng set) yang Tepat

1) Sobat harus memilih obeng yang tepat, jika tidak, Sobat berisiko merusak alat atau melucuti sekrup dan membuatnya tidak mungkin lagi dibuka.

2) Gunakan obeng sesuai dengan fungsinya, misalnya menggunakan obeng Phillips untuk sekrup berkepala Phillips dan obeng slot untuk sekrup berkepala slot. Hal Ini sebenarnya sudah sangat jelas, tetapi pada beberapa kasus ternyata ada orang yang mencoba menggunakan obeng kepala datar jika mereka tidak memiliki obeng Philips untuk membuka sekrup berkepala philips. Jangan sampai sobat juga lakukan hal itu.

  1. Cara Menggunakan Obeng

1) Membuat Lubang Dasar

Yang terbaik dilakukan sebelum memasang sekrup pada suatu benda adalah mengebor terlebih dahulu lubang dasar,  jika Sobat akan memasang sekrup pada benda seperti kayu dan selainnya. Tanpa lubang dasar, sekrup akan terhalang kerasnya kayu, hal ini membutuhkan tenaga dan tekanan yang lebih besar, yang beresiko sangat besar merusak obeng sobat.

2) Mulai memasang Sekrup

Letakkan sekrup di ujung obeng, dan gunakan jari-jari Sobat untuk menjaga ujung Screwdriver dan sekrup bersama-sama. Berikan sedikit tekanan pada gagang obeng, Putar searah jarum jam sampai kayu dan sekrup saling rapat.

3) Lanjutkan Memutar Screwdriver Set

  1. Segera setelah sekrup melakukan kontak dengan kayu, mulailah menggerakkan jari-jari tangan untuk menjaga sekrup dalam posisi tegak lurus dan tidak miring.
  2. Gunakan jari-jari yang sama ini untuk menjaga ujung obeng dan sekrup berada dalam satu garis lurus. Pastikan sobat memberikan tekanan yang cukup sehingga obeng tidak tergelincir dari kepala sekrup.

Itulah cara untuk menggunakan obeng, yang berlaku saat sobat menggunakan obeng kepala slot atau Philips. Dengan hanya sedikit tekanan pada gagang obeng dan jari-jari yang membantu menjaga agar sekrup dan baut tidak miring, maka sobat akan berhasil memasangkan sekrup dan baut di tempat yang diperlukan.

  1. Ukuran Screwdriver Set dan sekrup atau Baut

Jika sobat menggunakan kunci stop kontak pada suatu mesin atau kendaraan dan pernah menggunakan pula kunci pas untuk menguatkan atau memasang sebuah sekrup baut, sobat pastinya tahu bahwa kunci kontak yang bagus bagi suatu kendaraan adalah kunci kontak yang memang cocok pada kendaraan tersebut. Hal yang sama berlaku untuk obeng karena ujungnya perlu cocok dengan bentuk kepala sekrup atau baut dan juga harus pas dengan kepala sekrup yang sobat akan keluarkan ataupun yang akan dipasang pada suatu benda.

Baca juga   Fungsi Radiator Cup Tester Dengan Tahapan Penggunaannya

Jangan gunakan obeng jika memang tidak cocok dengan sekrup atau baut tertentu, karena akan menyebabkan kerugian pada ujung obeng saat sobat menekannya secara paksa. Ini juga berarti sobat harus mengerahkan lebih besar tekanan saat memutar obeng.

Semakin besar tekanan yang sobat berikan, semakin besar kemungkinan sobat akan merusak ujung obeng dan kepala sekrup.

Jangan gunakan pula gunakan obeng yang terlalu lebar dari ukuran kepala sekrup, karena sobat berisiko merusak permukaan sekrup. Hindari pula obeng yang terlalu tebal dari kepala sekrup, karena akan tergelincir saat sobat menekannya.

Intinya adalah sobat perlu menggunakan ukuran yang tepat, jika tidak, itu tidak akan berhasil.

  1. Cara Mempermudah Putaran Screwdriver Set

screwdriver set krisbow

Memasang sekrup adalah proses yang mudah, tetapi kadang-kadang bisa sulit terutama jika sekrup berkarat atau sulit ditekan saat memasangnya pada benda tertentu. Berikut adalah beberapa tips yang bisa sobat lakukan:

1) Oleskan sabun kering atau lilin pada sekrup, karena ini membuatnya  lebih mudah berputar. Trik ini sangat efektif pada saat memmasang sekrup di kayu yang keras.

2) Gunakan kunci inggris yang dapat disesuaikan jika sobat membutuhkan tekanan dan penahan sekrup ekstra. Jika sobat sulit melepas atau memasang sebuah sekrup, kunci inggris dapat membantu sobat.

3) Atur kunci inggris di ujung mata obeng. Putar obeng dan kunci inggris pada saat yang sama. Hal ini sangat efektif, terutama saat mengeluarkan sebuah baut atau sekrup, hal ini juga beresiko dapat merusak dan mematahkan sekrup yang keras itu.

  1. Tips Menjaga Obeng

screwdriver adalah

1) Gunakan obeng untuk memasang atau mengeluarkan sekrup, tidak lebih. Jangan gunakan sebagai penusuk benda keras lainnya membuka kaleng atau sebagai pahat kayu. Jika sobat Melakukan hal-hal itu, maka akan merusak obeng dan mengurangi kemampuannya untuk memasang dan mengeluarkan sekrup.

Baca juga   Cara Menggunakan Mesin Mini Lathe | Pengertian, Fungsi & Prinsip Kerjanya

2) Pastikan ujungnya cocok dengan sekrup yang akan dipasang atau dikeluarkan sebelum menggunakannya.Memaksa obeng pada sekrup dan baut yang tidak cocok akan merusak ujung obeng tersebut.

3) Jangan gunakan obeng jika ujungnya sudah tidak bagus atau patah sebagian ujung matanya, khususnya saat memasang sekrup atau mengeluarkan baut yang keras dari tempatnya, karena bisa sangat beresiko tergelincir dan sobat bisa melukai diri sendiri.

4) Simpan obeng sobat di tempat yang sejuk dan kering untuk menghindari kerusakan. Oleskan solar atau oli bekas untuk menghindarkan obeng dari karat, serta menjaga mereka tetap dalam kondisi yang baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *