Review Router Table [Spesifikasi, Prinsip Kerja & Cara Pemakaian]

articlemile.com 0
review table router

Router Table atau meja router adalah sebuah meja yang dirancang khusus untuk ditempati oleh sebuah mesin pengukir pinggiran kayu yang disebut dengan router. Dalam dunia pertukangan kayu, ada dua jenis alat pengukir pinggiran kayu yang sering digunakan, yaitu pengukir pinggiran kayu ukuran kecil yang disebut dengan trimmer, dan juga pengukir pinggiran kayu ukuran besar yang disebut dengan router.

Sebenarnya, di pasaran sendiri sudah ada paket mesin router yang lengkap dengan router tablenya, tetapi dengan harga yang tentunya lebih tinggi. Nah, Router table ALDO Tipe RT 150 adalah sebuah meja router yang dibeli terpisah dengan mesin routernya. Pembelian terpisah ini memiliki alasan yang sangat sederhana, yaitu agar harga yang didapatkan lebih murah dan terjangkau dibandingkan dengan yang sudah terpaket dalam 1 paket lengkap.

Pada artikel ini, akan dibahas mengenai Router table terbaru dengan Merk ALDO Tipe RT 150. Penasaran? simak ulasannya berikut ini:

Router table ALDO tipe RT 150 ini sudah dilengkapi dengan sambungan untuk sakelar khusus untuk memudahkan dalam menghidupkan dan mematikan sambungan listrik. Selain itu, Router table yang satu ini juga sangat cocok sekali dengan beberapa jenis trimmer, yaitu Trimmer router 12mm, Trimmer as 6mm, dan trimmer router 12mm merk ALDO tipe 3607.

Fitur dan Spesifikasi Router table ALDO RT 150

table router

Jika sobat melakukan pembelian Router table ALDO RT 150, maka sobat akan mendapatkan paket dalam dos besarnya yang berisi:

1) 2 buah wing ekstension meja kiri kanan masing-masing 334 x 205 mm

2) 1 meja utama ukuran 332 x 455 mm

3) Kaki meja 4 buah

4) Kunci-kunci dan sekrup untuk perakitan

5) Pants pengaman bahan plastic lengkap dengan sekrup pasang

Baca juga   Fungsi Radiator Cup Tester Dengan Tahapan Penggunaannya

6) Ekstensi untuk switch listrik

7) Pengunci kayu 3 buah agar kayu yang dirouter tidak goyang

8) Buku Panduan

9) Tutup bagian tepi mata router (agar debu tidak jatuh ke bawah)

Cara Merakit dan Cara Pasang Router Table ALDO RT 150

spesifikasi table router

1) Siapkan Meja Utama, pastikan bahwa ukuran router yang sobat miliki sesuai dengan ukuran meja.

2) Pasanglah 2 buah wing kiri dan kanan meja menggunakan sekrup dan kunci-kunci yang tersedia.

3) Pasanglah kaki meja pada setiap sisi ( kaki meja tersedia 4 buah dan dapat hubungkan pakai sekrup dengan meja utama). Pastikan bahwa sekrup dipasang pada bagian sisi dalam bawah meja utama.

4) Dirikan meja tersebut untuk memastikan bahwa posisi pemasangan kaki tidak miring.

5) Jika sudah rata dan tidak miring, kencangkan semua sekrup kaki meja.

Pada kondisi ini perakitan meja sudah selesai dan selanjutnya adalah memasang router sobat ke mejanya dengan cara:

1) Balikkan meja router yang telah dirakit sebelumnya.

2) Posisikan semua bout router pada lobang pasang yang ada di meja utama.

3) posisikan pemasangan pengaman router tepat di tengah lubang meja utama, lalu kuatkan dengan kait pengaman yang ada menggunakan kunci-kunci yang telah disediakan.

4) Balikkan kembali meja utama yang telah terpasang pengaman router bagian bawahnya.

5) Pasangkan ekstensi switch listrik pada sisi meja utama dan eratkan menggunakan baut di sisi meja tersebut.

6) Pasangkan pants pengaman pada atas meja utama dengan sekrup yang tersedia.

7) Pasangkan pengunci kayu 2 buah pada pengaman dan satu lagi pada meja utama sesuai dengan diameter kayu yang akan dirouter.

8) Penyiapan meja router table sampai di sini, selanjutnya siapkan mesin router sobat. Penyiapan mesin router meliputi pemilihan dan Pemasangan mata router sesuai kebutuhan. Kemudian pasangkan router tersebut dari arah bawah meja router tepat pada lubang meja utama.

Baca juga   Cara Menggunakan Screwdriver Set (Pengertian, Jenis & Cara Penggunaan)

Fungsi dan Kegunaan fitur-fitur pada meja router ALDO RT 150 Saat sudah terakit

review table router

1) Switch listrik dari mesin akan disambungkan ke switch on off listrik dengan sakelar khusus yang sudah terpasang sebelumnya pada meja utama. Hal ini akan memudahkan sobat saat menyalakan dan mematikan mesin.

2) fader lock pengaman kayu tiga buah yang terpasang 2 buah pada pengaman dan satu pada meja utama. Ukurannya bisa disesuaikan dengan lebar kayu. Hal ini agar kayu yang sedang dirouter tidak bergerak ke atas atau pun ke samping yang dapat merusak hasil router.

3) Saat kayu didorong untuk dirouter, maka bagian pengaman mata router akan bergerak ke dalam agar kayu terrouter dengan baik.

4) Pada pengaman, dilengkapi dengan penyedot debu, sehingga sobat terhindar dari debu kayu.

Secara umum kualitas router table yang satu ini cukup memuaskan bagi para penggunanya, meskipun pada bagian wing dan kaki terbilang memiliki bahan besi yang cukup tipis. namun demikian, ketebalan meja utama yang dilengkapi dengan lubang sekrup pada ujung kaki meja dan berfungsi sebagai penahan yang langsung bisa dipasangkan di lantai agar mejanya berdiri kokoh dan tidak goyang karena getaran mesin, meja router yang satu ini menjadi meja router rekomendasi untuk para tukang kayu yang mencari router table.

Harga Router Table ALDO RT 150

Untuk harganya, di pasar online Indonesia berkisar 1,4 juta rupiah. Sobat bisa mendapatkannya di toko-toko online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *