Fungsi Final Drive, Mulai Oli sampai Kendaraan Excavator

articlemile.com 0
Fungsi Final Drive Beserta Hal Tentangnya

Fungsi final drive menjadi salah satu hal terpenting untuk penggunanya ketahui. Final drive sendiri kerap orang sebut sebagai penggerak akhir. Final Drive atau penggerak ahir ini merupakan pengurangan kecepatan yang umumnya lengkap dengan satu maupun dua set roda gigi.

Roda gigi tersebut baik lurus maupun pinion boss penggerak akhirnya. Prinsip yang ada di final drive sendiri biasanya berguna pada transmisi di mana kecepatan rotasi akan berkurang serta momen punter atau torsi.

Kemudian bertambah dengan sejumlah roda gigi yang berguna pada penggerak akhir. Masing-masing final drive case atau case penggerak akhir akan terpasang melebar keluar dari bagian bernama bevel gear case. Pemasangan tersebut ada pada masing-masing sisinya.

Dengan melakukan pemilihan perbandingan kecepatan yang tergolong tepat momen torque atau punter sebelum ke penggerak akhir bisa anda perkecil. Dengan begitu, transmisi yang sama lalu poros roda tirus atau bevel gear shaft juga lain lain bisa berguna bersamaan pada sejumlah jenis model mesin.

Roda gigi penggerak akhir atau final drive gears bisa berhadapan dengan tekanan di bagian permukaan yang besar. Penyebabnya sendiri adalah beban goncangan serta benturan atau shock and impact loads. Yang mana hal tersebut membutuhkan perhatian khusus guna seleksi oil pelumas.

Selain itu perhatian tersebut untuk pencegahan masuknya benda asing dalam bak penggerak akhir yakni final drive cases. Lalu apa saja fungsi final drive itu sendiri?

Prinsip Dasar Serta Fungsi Final Drive

floating seal final drive

Secara umum, final drive sendiri merupakan susunan roda gigi yang kerap berupa satu set roda lurus. Bentuk lainnya ialah satu set roga gigi planet atau planetary gear yang menjadi roda gigi penggerak akhir. Fungsi final drive yakni mereduksi putaran serta meningkatkan bagian torsi unit.

Baca juga   Fungsi Radiator Cup Tester Dengan Tahapan Penggunaannya

Misalnya saja pada bulldozer, wheel loader, dump truck serta banyak lainnya. Sementara itu prinsip kerja final frive serupa dengan prinsip kerja yang ada di transmisi. Di mana ada pengurangan kecepatan putaran serta penambahan di bagian torsi. Caranya sendiri yakni memanfaatkan perbedaan yang ada di jumlah gigi dalam roda gigi.

Perbandingan reduksi yang ada dalam final drive biasanya satu banding sembilan hingga satu banding dua belas. Untuk reduksi yang relatif kecil digunakan reduksi jenis tunggal. Sementara untuk reduksi tergolong besar, mekanik menggunakna reduksi ganda maupun menggunakan sistem roda berupa gigi planet atau planetary gear set.

Terdapat macam-macam bagian final drive yang terpakai di alat berat. Macam pertama ada single reduction. Contoh alat berat yang menggunakan bagian single reduction antara lain traktor jenis kecil, motor grader, wheel loader maupun off highway truck kecil.

Jenis berikutnya yakni Double reduction yang mana berguna pada wheel loader, off highway truck maupun yang lebih tinggi. Kemudian terdapat planetary gear seat. Terdapat bagian power yang berasal dari transmission yang berlanjut pada differential.

Tujuannya sendiri adalah ke final drive lewat komponen yang ada pada final drive shaft. Lalu terdapat double reduction planetary gear set. Dari komponen final drive shaft power masuk menjadi sun gear yang ada di first reduction planetary gear.

Ring gear ialah komponen yang sifatnya statis. Sehingga outputnya merupakan carrier. Darri bagian carrier inilah yang ada di first reduction planetary gear power akan terkirim menuju second reduction planetary gear menjadi sun gear. Fungsi final drive menjadi tipe yang terpakai dalam off high way truck.

Komponen yang Ada Dalam Final Drive Serta Fungsinya

final drive excavator komatsu

Ada bagian bernama final gear yang terdiri dari kaitan antara ring gear serta drive pinion gear. Fungsi final drive ataupun bagian tersebut yakni memperbesar saat putar serta merubah arah putaran sampai sembilan puluh derajat.

Baca juga   Mengenal Fungsi Theodolit & Waterpass, Bagian-bagiannya serta Alat Ukur Survey

Selain itu differential gear terdiri dari perkaitan yang terjadi antara roda gigi yakni roda gigi opinion gear dengan bagian side gear. Fungsinya yakni membedakan bagian putaran roda kiri serta kanan ketika kendaraan akan berbelok.

Final drive memiliki fungsi untuk membedakan putaran roda bagian kiri maupun kanan ketika kendaraan sedang belok. Lalu mereduksi putaran guna menghasilkan momen yang cenderung besar. Selanjutnya merubah arah putaran hingga 90 derajat dari putaran asalnya.

Sementara itu terdapat cara kerja yang ada dalam bagian final drive. Pertama saat kendaraan sedang berjalan lurus di jalanan datar serta tahan gelinding. Dalam kedua roda penggerak atau drive gear di dalamnya relatif memiliki persamaan.

Jika tahanan yang ada di kedua poros axle belakang cenderung sama, maka pinion tidak berputar sendiri. Aan teapi ring gear, poros opinion serta differential case berputar bersamaan dalam suatu unit. Dengan begitu, ponion hanya berfungsi guna menghubungkan side gear di bagian kiri serta kanan.

Sehingga dapat menyebabkan kedua bagian drive wheel beputar dalam Rpm yang tergolong sama. Cara kerja berikutnya memiliki perbedaan ketika kendaraan dalam keadaan belok. Jika kendaraan membelok ke arah kiri, tahanan roda bagian kiri lebih besar daripada bagian kanannya.

Apabila bagian differensial case berputar bersamaan dengan ring gear otomatis pinion melakukan putaran dalam porosnya. Selain itu ia juga bergerak berkeliling side gear bagian kiri. Dengan begitu putaran side gear bagian kanan akan bertambah.

Juga jumlah putara side gear salah satunya merupakan dua kali perputaran dalam ring gear. Hal ini bisa terbilang jika putaran rata-rata roda gigi sebanding dengan perputaran yang terjadi dalam ring gear. Cara kerja tersebut memiliki keterkaitan dengan fungsi final drive.

Baca juga   Cara Kerja Laminar Air Flow Beserta Hal Tentangnya

Pengertian Bagian yang Berhubungan Dengan Final Drive

oli final drive excavator komatsu

Bukan hanya fungsi final drive, anda juga harus mengetahui tentang bagian yang berhubungan langsung dengannya. Pertama adalah Backlash yakni kekocakan ataupun kerenggangan maupun jarak bebas dengan keterkaitan antara 2 bagian roda gigi.

Pre Load merupakan beban awal yang unit penggerak tanggung sebelum komponen maupun unit lain sebagai penggerak. Selanjutnya terdapat run out yakni keolegan yakni besarnya simpangan kala komponen berputar.

Selain itu dalam final drive sendiri terdapat minyak pelumas. Adapun fungsinya yakni sebagai penyerap tegangan, pelumas bagian maupun peredam suara. Jika minyak pelumas yang ada dalam final drive habis terdapat sejumlah dampak.

Dampak pertama yakni mengakibatkan sejumlah bagian yang bergerak dapat cenderung lebih cepat timbul panas serta mengalami keasusan. Kemudian akan timbul bunyi maupun suara bising yang begitu mengganggu.

Di sisi lain susunan roda gigi penggerak akhir merupakan bagian terakhir yang berasal dari sistem pemindah tenaga. Bagian ini dapat memindahkan tenaga mesin ke arah roda belakang. Dengan begitu transmisi serupa juga poros pada roda tirus bisa berguna hal yang sama di sejumlah model.

Selain itu fungsi final drive yakni pengurang kecepatan yang kerap lengkap dengan satu maupun dua set roda gigi bentuk lurus serta pinion boss penggerak akhir.

Tags: