Cara Pasang Bronjong yang Benar

articlemile.com 0
Cara Pasang Bronjong Yang Benar

Cara pasang bronjong yang benar menjadi hal terpenting untuk pekerja ketahui. Tujuannya tentu saja supaya bronjong terpasang dengan baik dan benar serta bisa berguna sebagaimana mestinya. Bronjong sendiri memiliki nama lain sebagai Gabion.

Bronjong merupakan konstruksi yang berguna sebagai pencegahan erosi di tanah lereng. Umumnya penggunaan bronjong berada di kawasan pinggiran sungai. Bukan itu saja, banyak orang menggunakan bronjong sebagai tambahan estetika yang ada pada suatu desain arsitektur.

Bentuk bronjong sendiri berupa kubus maupun balok dengan isi banyak batu sebagai penahannya. Bahan pembuatannya adalah kawat baja yang sangat kuat sebagai penahan batu. Anyaman kawat tersebut memiliki bentuk segi enam serta terikat begitu kuat.

Hal ini terjadi karena pengerjaannya memanfaatkan pemakaian mesin. Selain itu material yang pekerja gunakan dalam pembuatannya yakni kawat baja yang sudah terlapisi dengan Galvanis. Dengan begitu bronjong akan tahan terhadap adanya korosi. Lalu bagaiman cara pasang bronjong yang benar?

Pengertian Serta Cara Pasang Bronjong yang Benar

Sebelum mengetahui cara pasang bronjong yang benar, anda perlu mengetahui tentang seperti apa benda tersebut. Kawat bronjong mulanya berbentuk lipatan maupun sepeti lembaran-lembaran. Karena itulah perlu tahap perakitan guna kawat bisa membentuk suatu balok maupun kubus.

Masyarakat umumnya bisa menjumpai bronjong di kawasan tepi sungai. Bukan di kawasan itu saja, kemungkinan besar rumah yang anda huni kini memakai bronjong dalam konstruksinya. Sebab bronjong merupakan suatu konstruksi dasar guna menjadi bangunan maupun tanggul.

Penggunaan bronjong sendiri biasanya di area tebing maupun sunfai yang tengah dalam tahap pekerjaan normalisasi. Selain itu penggunaannya yakni mengatasi gerusan akibat arus sungai yang terus mengalir.

Karena kekuatan kawat tersebut tergolong tinggi, maka dalam tahap penganyamannya memerlukan tenaga mesin. Anyaman yang berasal dari kawat baja tersebut mereka buat menggunakan teknik lilitan ganda.

Baca juga   Fungsi Radiator Cup Tester Dengan Tahapan Penggunaannya

Anyaman tersebut kemudan membentuk banyak lubang dengan bentuk tertentu. Kemudian pekerja mengikat anyaman secara kuat di antara sisi yang ada hingga tak mudah terurai. Ikatan anyaman itulah yang mampu membuat bronjong menahan tanah hingga tidak lagi terjadi erosi maupun longsor.

Kawat yang pekerja gunakan memiliki bahan baja dengan lapisan galvanis. Dengan begitu kawat menjadi tidak mudah mengalami karatan. Sementara itu, fungsi bronjong ialah melindungi serta memperkuat struktur yang ada pada tanah di kawasan sekitar tebing.

Sehingga bronjong menjadi upaya pencegahan longsor. Selain itu penggunaannya juga bisa untuk tepi sungai maupun tepi tanggul. Bronjong juga bisa orang gunakan guna pembentuk bendungan sehingga bisa meningkatkan volume air yang ada di sungai.

Pada bagian tepi sungai dapat mengalami erosi karena arus yang deras serta terus menerus terjadi. Di sana, bronjong memiliki fungsi menjadi penjaga area tepi sungai dari arus hingga bantaran sekitar tidak mudah hancur.

Umumnya, kawat bronjong sangatlah kuat. Akan tetapi kekuatannya tersebut bisa juga berkurang karena pengaruh dari keadaan sekitar. Selain itu saat pembentukan perlu mengetahui cara pasang bronjong yang benar sehingga bisa tahan lebih lama.

Mengenal Bronjong

bronjong batu

Dalam cara pasang bronjong yang benar, pasti anda bertanya-tanya kenapa benda satu ini banyak orang pilih. Pemilihan bronjong terjadi karena terdapat sederet keunggulan kala pemakaiannya. Kendati demikian bronjong juga memiliki kekurangan.

Penggunaan bronjong sendiri karena kekuatan yang ada dalam kawatnya sangatlah tinggi. Meskipun begitu kekuatan yang ada di bronjong bisa berkurang karena adanya pengaruh keadaan sekitarnya.

Misalnya saja bagi bronjong yang terpasang di tepi sungai. Jika terdapat sampah kecil yang masuk dalam bronjong bersama air, tentu kekuatannya menjadi berkurang hingga mudah mengalami kerusakan. Arus sungai yang deras juga mampu mengikis batu sebagai isi dari bronjong.

Baca juga   Mengenal Fungsi Theodolit & Waterpass, Bagian-bagiannya serta Alat Ukur Survey

Adapun cara pemasangan serta pemeliharaan bronjong menjadi pengaruh terkait kekuatannya. Keunggulan bronjong daripada konstruksi penahan lain seperti beton, terdapat keunggulan tersendiri. Pertama sifat dari bronjong adalah fleksibel.

Sehingga bronjong dapat mengikuti pergerakan tanah yang ada di bagian bawah tanpa harus merusak konstruksi dasarnya. Keunggulan kedua tumpukan batu yang ada dalam bronjong memungkinkan arus air mengalir pada sela-selanya.

Dengan keunggulan tersebut membuat tekanan tanah berkurang hingga menguranig resiko terjadinya tanah longsor. Apalagi untuk bangunan yang terletak di sekitar kawasan tebing. Keunggulan ketiga yakni harga bronjong tergolong lebih ekonomis daripada penahan yang terbuat dari beton.

Bahan kawatnya juga mudah orang dapatkan apalagi untuk batu-batu yang menjadi isi bronjong tersebut. Harga yang ekonomis tersebut juga mendapat pengaruh dari teknik pembuatan serta biaya pengiriman.

Hal ini lantaran biaya pengiriman yang murah karena bobot kawat begitu ringan daripada beban beton. Keunggulan selanjutnya ialah bentuknya sederhana bisa orang kerjakan tanpa memerlukan mesin dengan teknologi tinggi.

Cukup alat-alat pertukangan yang tergolong sederhana. Misalnya saja tang serta keahlian tangan para pekerja.

Meskipun memiliki keunggulan, pekerja harus mengetahui cara pasang bronjong yang benar agar penggunaannya bisa maksimal.

Simak juga artikel kami tentang fungsi radiator cup tester disini. Agar lebih mudah dalam mengoperasikan alat-alat mekanik Anda.

Langkah Pemasangan Bronjong

ukuran bronjong batu kali

Pada cara pasang bronjong yang benar terdapat tahapan yang harus anda lakukan secara seksama. Tujuannya sendiri yakni supaya fungsinya bisa maksimal tanpa mudah mengalami kerusakan. Adapun langkahnya :

  1. Persiapan Lokasi Keberadaan Bronjong

Tahap pertama ialah para pekerja mulai melaksanakan pembersihan lokasi keberadaan bronjong. Kemudian mereka dapat mengukur serta pematokan area tempat kerja. Selain itu pekerja bisa melakukan penggalian, pengurugan sampai pemadatan pada tanah.

  1. Pengesetan Bronjong di Lokasi Kerja

Saat lokasi sudah siap, pelaksana di lapangan tentu tidak bisa secara langsung memakai lokasi tersebut untuk tahap pemasangan bronjong. Ia harus melakukan pengujian mutu kepadatan tanah apakah sesuai dengan sepsifikasi.

Baca juga   Fungsi Final Drive, Mulai Oli sampai Kendaraan Excavator

Jika lab menghasilkan rekomendasi kalau sudah masuk daya dukung, maka pelaksana bisa melakukan pemasangan penyekat ataupun pelapis untuk bronjong. Yang mana bahan pembuatnya berasal dari ijuk atau bernama geotextile. Kemudian di bagian atas ia bisa menggelar anyaman yang sebelumnya sudah pekerja set.

  1. Tahap pengikatan antara rangkaian bronjong

Bronjong yang sudah pekerja set kemudian mereka pasang lapis demi lapis. Permulaannya sendiri dari lapisan paling bawah higga ke atas. Untuk mencapai panjang konstruksi, bronjong harus tertata baris serta batas barisan terpasang angker penguat dari bahan besi.

  1. Proses Pengujian Kekokohan Rakitan

Kawat bronjong yang sudah pekerja rangkai dan ikat harus melalui pengujian kekokohannya. Tujuanya yakni memperoleh ijin guna melakukan pengisian material terkait.

  1. Langkah Pengisian Material Bronjong

Untuk bronjong yang sudah memperoleh ijin, maka bisa mulai tahap pengisian material. Pengisian berlangsung mulai dari rangkaian paling pinggir.

  1. Uji Pengisian Material Dalam Bronjong

Pada bronjong yang sudah terisi penuh material, kemudian harus pekerja lakukan uji terkait kepadatan. Pengujian berlangsung dengan pembebanan pada bagian atas bronjnog.

  1. Penutupan Dalam Anyaman Bronjong

Terakhir dalam cara pasang bronjong yang benar adalah pelaksana lapangan bisa melakukan penutupan. Hal ini berlangsung setelah ijin kepadatan sudah keluar.

Tags: